Kamis, 17 Mei 2012

Apa saja yang harus dilakukan pada komputer baru/ install ulang?

Apa saja yang harus dilakukan pada komputer baru/ install ulang?

1. antivirus

Setelah membeli komputer/ install ulang, install dahulu antivirus kesayangan Anda. Sebelum komputer Anda “ternodai” oleh berbagai hal, berikan dulu pelindungnya.

Mungkin komputer Anda tidak memiliki antivirus. Atau bisa juga sudah memiliki antivirus, entah itu satu paket dengan komputer Anda, atau ditambahkan sendiri oleh si penjual/tukang servis. Namun untuk Anda yang memiliki antivirus kesayangan, antivirus bawaan komputer baru tersebut serasa kurang mantap bukan?

2. koneksi ke internet

2a. driver modem/ router (jika menggunakan internet kabel seperti speedy)

Berikutnya persiapkan komputer Anda untuk terhubung dengan internet. Ini harus dilakukan sesegera mungkin karena berkaitan dengan antivirus Anda. Antivirus tersebut butuh update database secepatnya.

Installah driver modem/ router Anda. Jika Anda menggunakan internet kabel, biasanya setelah proses ini, Anda cukup menancapkan kabel ke port yang ada, dan komputer Anda pun susah siap go online.

2b. dialer software (bila menggunakan internet dial up seperti smartfren, IM2, Flash)

Jika Anda menggunakan internet dial up, setelah driver, installah dialer software. Misalnya saja, Mobile Partner.

3. update antivirus

Setelah terhubung dengan internet, jangan lakukan kegiatan apapun selain update antivirus Anda. Jangan coba-coba menancapkan flash drive atau removable device lainnya. Ingat, komputer Anda sudah memiliki pelindung, namun pelindung ini masih lemah. Antivirus Anda belum diupdate. Updatelah terlebih dahulu.

4. office (misal: Ms.Office)

Tidak bisa dipungkiri bahwa segala kegiatan mengetik sangat dibutuhkan oleh pengguna komputer. Setelah membeli komputer/ install ulang, bisa saja Anda diharuskan untuk segera melakukan kegiatan ketik mengetik.

Inilah sebabnya mengapa setelah antivirus, Anda perlu menambahkan software office terlebih dahulu. Entah itu versi gratis atau berbayar.

5. web browser (misal: IE, Firefox, Chrome, Opera, dsb)

Antivirus sudah ada, office sudah ada. Mungkin ketika bekerja, Anda butuh mencari bahan dari internet? Atau sekedar refreshing, main Facebook atau jejaring sosial lainnya? Install lah web browser kesayangan Anda setelah menginstall office.

6. download manager (misal: IDM)

Menemukan bahan yang Anda cari? Ingin mendownloadnya? Inilah alasan mengapa setelah menginstall web browser, Anda perlu menginstall download manager.

Alasan lain mengapa download manager saya letakkan setelah web browser adalah agar proses integrasi pada web browser yang ada lebih lancar. Saya suka menginstall semua web browser saya dahulu. Setelah itu baru menginstall download manager.

7. extractor software (misal: Win Rar)

Mungkin salah satu file yang Anda miliki merupakan file hasil kompresi. Inilah mengapa software ekstraksi harus diutamakan terhadap komputer baru/ install ulang.

8. pdf reader (misal: Adobe Acrobat Reader)

Setelah download, ekstraksi, file yang Anda dapatkan bisa saja berupa pdf. Ditambah lagi sekarang ini makin banyak file-file dalam format pdf. Oleh karena itu Anda perlu memasukkan pdf reader ke daftar program utama yang harus diinstall pertama kali.

9. media player (jika Anda tidak suka Windows Media Player)

Musik dapat memberikan warna di hidup. :) Ada orang yang bekerja sambil mendengarkan musik. Inilah sebabnya saya menganggap program pemutar media sangat penting diinstall pada komputer baru/ install ulang.

Jika Anda merupakan orang yang anti terhadap WMP (entah apa alasan Anda), maka install lah software pemutar media favorit Anda.

10. disc burner (Jika memiliki DVD Room, misal: Nero)

Setelah bekerja, Anda menghasilkan sesuatu, mungkin hasil pekerjaan Anda tersebut dibutuhkan dalam bentuk disc. Install lah software disc burner untuk mengantisipasinya.

11. uninstaller (misal: Revo)

Uninstall software merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar. Windows memang sudah menyediakan fasilitas uninstall. Tapi uninstall dengan fasilitas ini akan meninggalkan file sampah yang akan memperlambat komputer Anda dengan berjalannya waktu. Jadi lebih baik gunakan software uninstaller pihak ketiga.

12. utilities software (misal: Tune Up, CCleaner)

Menurut saya, yang terakhir dari kebutuhan dasar komputer baru/ install ulang adalah software utilitas. Setelah usai menginstall semua kebutuhan dasar, mungkin sistem komputer Anda agak acak-acakan. Oleh karena itu perlu sedikit dirapikan.

Selain itu, software utilitas seperti ini biasanya akan mampu memaksimalkan konfigurasi komputer Anda. Software ini juga dapat mengatasi beberapa penyebab komputer lambat.

Inilah mengapa saya suka menginstall software ini terakhir kali. Alasannya, biarlah software ini memaksimalkan “hal yang sudah selesai”, bukan “hal yang masih tanggung”. Kebutuhan dasar komputer saya sudah terpasang semua, barulah saya optimasi.

Setelah itu apa?

Setelah selesai melakukan semuanya, installah software pribadi Anda. Software yang sesuai dengan pekerjaan atau hobi Anda. Misalnya, photoshop, software statistik, editing video, atau lainnya. Selanjutnya komputer Anda telah siap digunakan.

Menurut saya, itulah urutan persiapan yang paling baik terhadap komputer baru/ install ulang. Mungkin Anda memiliki pola persiapan lain?

0 komentar:

Poskan Komentar

Funfage