Minggu, 27 Mei 2012

7 Kuliner Filipina yang menggoyang lidah

7 Kuliner Filipina yang menggoyang lidah
7 Kuliner Filipina yang menggoyang lidah
Candice Quimpo/cnngo.com
KATEGORI
Gaya
Kuliner
0
Reporter: Destriyana


Filipina merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Selain dekat dan mudah dijangkau, pulau ini juga memiliki berbagai kuliner nikmat yang harus Anda coba. Negara kepulauan ini terletak di utara Indonesia dengan Manila sebagai ibu kotanya. Simaklah kisah dibalik kenikmatan kuliner asli Filipina berikut ini, seperti dilansir dari cnngo.com.

1. Adobo

Sebuah hidangan yang sering Anda temukan di rumah-rumah orang Filipina. Warga Filipina menemukan bahwa memasak daging (sering ayam dan babi) dalam cuka, garam, bawang putih, merica, kecap, dan bumbu lainnya, merupakan cara praktis untuk mengawetkan daging tanpa pendinginan. Gaya memasak dapat diterapkan untuk daging yang berbeda atau bahkan makanan laut.

2. Chicken inasal

Ya, ini adalah ayam panggang, tapi di Bacolod ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging direndam dalam campuran serai, calamansi ( jeruk khas Filipina), garam, merica, dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achuete (biji annatto). Setiap bagian dari ayam yang dipanggang terdiri dari paa (paha), pecho (payudara), baticulon (tenggorokan), atay (hati), Pakpak (sayap), dan corazon (jantung). Kemudian sajian itu dihidangkan dengan nasi bawang putih, setelah daging dicelup terlebih dahulu ke dalam minyak jeruk.

3. Kamaro

Sejenis masakan yang terbuat dari jangkrik. Apa yang membuat makanan ini istimewa? Sebelum dimasak kaki dan sayap jangkrik dihilangkan, lalu tubuhnya direbus dalam cuka dan bawang putih. Kemudian itu ditumis dan ditambahkan tomat cincang dan bawang merah. Tunggu hingga warna berubah kecoklatan!

4. Pinakbet

Kuliner ini berasal dari bagian utara Filipina, Ilocos. Sebuah sajian kuliner berupa sayuran okra, terong, labu pahit, labu, tomat, dan bagoong (udang atau pasta ikan). Selain sehat dan murah, hidangan ini termasuk mudah untuk memasaknya. Anda bisa menemukan masakan ini di seluruh restoran dan kedai makanan lokal.

5. Lumpiang ubod

Buah, daun, dan bahkan empelur kelapa digunakan dalam masakan Filipina. Empelur kelapa adalah batang yang lunak dalam batang tumbuh-tumbuhan jenis palem seperti kelapa dan pinang. Bahan ini menjadi bahan pelengkap untuk membuat isi lumpia segar yang manis. Isi lumpia terdiri dari ubod (serabut pohon kelapa), udang, daging babi, bawang, dan saus manis berbau bawang.

6. Kuhol sa gata

Orang Indonesia pasti cocok dengan masakan khas Filipina ini. Kuhol sa gata terbuat dari bekicot segar yang dimasak dalam santan dan sayuran. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka atau snack dan nikmat bila disantap dengan nasi panas.

7. Bibingka

Sebuah kue yang disajikan untuk menyambut hari Natal. Bibingka itu sejenis kue beras yang dibuat dengan merendam beras semalam, lalu menggilasnya dengan batu dan mencampurnya ke dalam santan dan gula. Adonan dituang ke dalam pot tanah liat yang dialasi daun pisang, lalu diberi batubara di atas dan di bawahnya. Hidangan ini dihiasi dengan telur asin, kesong Puti (keju putih yang terbuat dari susu) dan diolesi dengan mentega, gula, dan parutan kelapa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Funfage